Surat Pastoral

MDC Surabaya: Kuat dalam Tuhan

Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; (Efesus 6:10-11)

Saat ini kita sedang memasuki harihari yang jahat di akhir jaman oleh karena itu penting bagi kita orangorang percaya menyadari bahwa Tuhan telah memberi kita kuasa sebagai anak-anak-Nya yang sudah diselamatkan melalui penebusan Kristus dan kuasa yang kita terima dari Tuhan ini digunakan juga untuk peperangan rohani. “karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.” (Efesus 6:12). Iblis adalah musuh yang sudah dikalahkan oleh Kristus di Kayu Salib namun dia masih memiliki senjata yang sangat ampuh, yaitu tipu muslihat. Dengan tipuannya dia dapat mengintimidasi dan mengalahkan seorang anak Allah. Bagaimana cara kita mengalahkan tipu muslihat iblis? Dengan mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah.

“Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.” (Efesus 6:13). Itulah sebabnya kita perlu mengenal senjatasenjata rohani yang kita miliki sebagai anak Allah untuk melawan tipu muslihat iblis ini.

Kebenaran dan Keadilan
Efesus 6:14

Dilambangkan dengan baju zirah dan ikat pinggang. Dua perlengkapan ini tidak digunakan secara aktif dalam sebuah pertempuran, tapi mereka memberikan perlindungan dan membuat segala sesuatu berada dalam tempat yang seharusnya. Ikat pinggang juga berfungsi agar pakaian ataupun perlengkapan yang kita kenakan tidak kedodoran. Kebenaran dan keadilan membuat kita jauh lebih efektif dalam menggunakan senjatasenjata lainnya, dan melindungi kita dari serangan-serangan yang tidak kita sadari.

Kerelaan memberitakan Injil
Efesus 6:15

Dilambangkan dengan kasut. Berfungsi untuk melindungi dan memampukan kita menjelajah lebih jauh ke tempat-tempat yang baru selain itu kerelaan untuk memberitakan Injil ini membuat kita mau memikirkan keselamatan orang lain dibanding memikirkan kepentingan diri kita sendiri. Kerelaan memberitakan injil ini ibarat kasut yang terus melekat dan digunakan setiap hari.

Iman, Keselamatan dan Firman Allah
Efesus 6:16-17

Dilambangkan dengan Perisai, ketopong dan pedang. Perlengkapan yang kita gunakan secara aktif dalam pertempuran. Iman melindungi kita dari serangan langsung, keselamatan melindungi pola pikir kita dan Firman Allah membuat kita mampu mengenali dan mematahkan tipuan Iblis.

Doa dan permohonan
Efesus 6:18

Ini adalah senjata yang sangat kuat untuk menghancurkan musuh-musuh kita karena melepaskan kuasa Allah yang sangat besar untuk memberikan kemenangan bagi orang benar. “Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” (Yakobus 5:16b). Doa dan permohonan sebagai senjata rohani memiliki daya jelajah yang jauh dan daya hancur yang mematikan bagi musuh, oleh karena itu tetaplah senantiasa berdoa dengan tidak berkeputusan karena itulah yang dikehendaki Allah bagi orang-orang percaya.

Tuhan Memberkati.

Share This Post:
 
Sinode Gereja Kristen
Perjanjian Baru
  • Address:
    MDC Hall, Wisma 76 Lt. 26
    Jl. S. Parman Kav. 76 Slipi
    Jakarta Barat 11410
  • Phone: (+6221) 53690033
  • Fax: (+6221) 53690055
 
 
© 2016. «GKPB MDC